Jumat, 19 April 2013

ISTILAH-ISTILAH DALAM PENELITIAN

1. Full participation : peneliti mengambil bagian secara penuh dalam aktivitas objek penelitiannya
2. In depth interviewing : wawancara yang dilakukan secara mendalam untuk memperoleh keterangan yang lebih luas
3. Metode documenter : suatu cara mengumplkan data yang dilakukan dengan cara menganalisa data-data tertulis dalam dokumen-dokumen seperti catatan harian, transkrip, surat kabar, buku dan media cetak lainnya.
4. Metode kuisiner : suatu cara mengumpulkan data dengan mengajukan suatu daftar berisikan serangkaian pertanyaan mengenai sesuatu hal kepada responden untuk kemudian diisi oleh responden tanpa bantuan peneliti
5. Metode observasi : suatu cara mengumpulkan data melalui pengamatan indrawi, dengan melakukan pencatatan terhadap gejala-gejala yang terjadi pada objek penelitian secara langsung di tempat penelitian.
6. Metode wawancara : proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara Tanya jawab secara langsung antara si penanya yang disebut pewawancara dengan si penjawab yang disebut responden atau informan.
7. Partial participation : keterlibatan peneliti dalam hal-hal tertentu dari objek penelitian.
8. Reliabilitas : keadaan dimana suatu pengujian menghasilkan pengukuran yang sama dengan hal yang diukur.
9. Validitas : patokan sampai sejauh mana suatu pengujian menghasilkan pengukuran yang dikehendaki.
10. Hipotesis atau hipotesa : Jawaban sementara terhadap masalah yang masih bersifat praduga karena masih harus dibuktikan kebenarannya.
11. Teori : serangkaian bagian atau variabel, definisi, dan dalil yang saling berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah.
12. Data : catatan atas kumpulan fakta.
13. Penelitian kualitatif : riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Proses dan makna (perspektif subyek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan.
14. Penelitian kuantitatif : penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya.
15. Sampel : bagian dari populasi yang ingin diteliti; dipandang sebagai suatu pendugaan terhadap populasi, namun bukan populasi itu sendiri.
16. Acak (Random sampling) : setiap anggota dari populasi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk dipilih sebagai sampel.
17. Pengambilan acak sederhana (Simpel random sampling) : Merupakan sistem pengambilan sampel secara acak dengan menggunakan undian atau tabel angka random.
18. Pengambilan acak secara sistematis (Systematic random sampling) : Merupakan sistem pengambilan sampel yang dilakukan dengan menggunakan selang interval tertentu secara berurutan.
19. Pengambilan acak berdasar lapisan (Stratified random sampling) :Merupakan sistem pengambilan sampel yang dibagi menurut lapisan-lapisan tertentu dan masing-masing lapisan memiliki jumlah sampel yang sama.
20. Pengambilan acak berdasar area (Cluster sampling) : Merupakan sistem pengambilan sampel yang dibagi berdasarkan areanya.
21. Variabel : Sesuatu yang mempunyai nilai
22. Variabel bebas : Variable yang menyebabkan perubahan variabel lain
23. Variabel perantara : variabel selain variabel bebas yang dapat mempengaruhi perubahan variabel tergantung
24. Variabel prakondisi : variabel yang memungkinkan variabel bebas mempengaruhi variabel tergantung
25. Variabel perancu : variabel yang memungkinkan variabel bebas mempengaruhi variabel tergantung
26. Variabel skala nominal : variabel yang berhubungan dengan variabel bebas dan tergantung tapi bukan variabel perantara
27. Populasi Target : Merupakan sasaran akhir dan parameternya akan diketahui melalui penelitian
28. Rancangan penelitian : Adalah rencana penelitian yang memuat struktur dan strategi penelitian untuk menjawab masalah penelitian
29. Studi kasus :Meneliti suatu permasalahan melalui suatu kasus yang terdiri dari unit tunggal
30. Studi perbandingan : Membandingkan persamaan atau perbedaan sebagai fenomena untuk mencari faktor-faktor apa, atau situasi yang menyebabkan timbulnya peristiwa tertentu
31. Studi evaluasi : Untuk menilai suatu program yang hasilnya digunakan untuk perbaikan atau peningkatan program
32. Kuesioner : Daftar pernyataan yang sudah disusun dengan baik, sudah matang, responden memberikan jawaban.
33. Analisa situasi : Tahap pengumpulan data yang ditempuh peneliti sebelum merancang dan merencanakan program.
34. Evaluasi : Proses akan pengukuran efektifitas strategi yang digunakan dalam mencapai tujuan, data yang diperoleh dari hasil pengukuran tersebut akan digunakan sebagai analisa situasi proram berikutnya.
35. Analisa : Penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dsb) untuk mengetahui keadaan yg sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkaranya, dsb); penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antarbagian untuk memperoleh pengertian yg tepat dan pemahaman arti keseluruhan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar